Dempo Peduli

 

Persaudaraan dan pelayanan merupakan dua dari tiga Karisma Karmel yang dihidupi di SMA Katolik St. Albertus Malang. Tentu saja hal tersebut harus dimiliki dan dihayati oleh siswa-siswi SMA Katolik St. Albertus. Pada penghayatan semangat persaudaraan, salah satu wujud nyatanya adalah dengan memberikan perhatian kepada saudara yang mengalami kemalangan seperti sakit, kecelakaan atau ditinggal oleh anggota keluarga terdekat. Sayangnya tidak mudah untuk mengungkapkan hal tersebut. Ada hal-hal yang menghambat peserta didik untuk mengungkapkan rasa persaudaraannya dengan melakukan kunjungan kepada saudaranya yang mengalami kemalangan. Mereka membutuhkan wadah dan sarana untuk mengungkapkan dan terus menumbuhkan rasa persaudaraannya. Pada penghayatan semangat pelayanan, para siswa terlihat kurang memiliki semangat untuk melayani. Hal ini terlihat dari kurangnya kepekaan para siswa terhadap kejadian sosial yang terjadi, terutama di lingkungan luar sekolah, seperti bencana alam. Oleh sebab itu, diperlukan suatu kegiatan yang dapat menjadi wadah untuk membantu peserta didik untuk menumbuhkan semangat pelayanan dan persaudaraan dalam diri mereka.

 

Salah satu kegiatan yang dapat menjadi wadah bagi siswa/i untuk mengembangkan semangat pelayanan dan persaudaraan yang ada di dalam diri mereka adalah Dempo Peduli. Kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk menumbuhkan semangat persaudaraan dan pelayanan dalam diri mereka. Dengan Dempo Peduli, OSIS SMAK St. Albertus akan memberi perhatian serta sarana transportasi pada keluarga besar SMA Katolik St. Albertus Malang yang mengalami musibah, baik dengan melakukan kunjungan maupun memberi bantuan dana semampunya. Dalam rangka itu, OSIS juga melibatkan peserta didik di luar pengurus OSIS, sehingga mereka memperoleh kesempatan, wadah dan sarana untuk mengungkapkan serta terus menumbuhkan rasa persaudaraanya. Selain itu, untuk menumbuhkan kepekaan sosial para siswa, siswa/i dapat berinteraksi dan membantu sesama yang membutuhkan yang terkena bencana alam melalui Dempo Peduli. Harapannya, para siswa dapat memetik nilai-nilai kehidupan dan pengalaman berharga melalui kegiatan-kegiatan sosial. Juga, menjadi suatu bentuk pelayanan dan persaudaraan kepada sesama yang ada di sekitarnya.

Ketua Pelaksana - Dempo Peduli

Ketua Pelaksana - Dempo Peduli

Puan Farou Nadenggan Manalu

Dempo Peduli

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

Lampiran

Berikut ini adalah dokumentasi dari salah satu kegiatan Dempo Peduli yaitu Buka Bersama.

Contact us – Email : [email protected]¬†– Line : @yjx0619a – Instagram @dempoers¬†

© 2020 - OSIS SMA Katolik St. Albertus Malang. All Rights Reserved. Photos by Rafael Hauw (@rafaelhauw_), Andreas Bagas (@andreas.bagas)